Kamis, 02 September 2021

Kenali Jenis Mainan untuk Stimulasi Bayi 3 Bulan

BY siti aisyah

Memberikan mainan bisa menjadi salah satu cara stimulasi bayi 3 bulan. Tentu sebagai orang tua akan senang bila bayi berkembang dengan optimal. Sejak buah hati terlahir ke dunia, saya selalu mengamati perkembangannya, apakah sesuai dengan acuan perkembangan bayi atau tidak. Hingga kini usianya menginjak 3 bulan, saya semakin takjub dengan pesatnya perkembangan yang ia tunjukkan.

Salah satu kuncinya adalah memberikan rangsangan melalui mainan pokemon yang edukatif. Memilih mainan edukasi juga harus disesuaikan dengan tahap perkembangannya, agar dapat berjalan lebih optimal.

Kenali Jenis Mainan untuk Stimulasi Bayi 3 Bulan

Tahapan Tumbuh Kembang Bayi Usia 3 Bulan

Sebelum masuk ke contoh mainan untuk stimulasi bayi 3 bulan, Ibu harus memahami tahapan perkembangan yang terjadi pada si Kecil di usia ini. Untuk memilih mainan sebagai stimulasi bayi 3 bulan, Ibu harus mengetahui tumbuh kembang bayi sesuai usianya. Saat bayi berusia 3 bulan, ia sedang berada pada tahapan tumbuh kembang berikut ini:

·         Kemampuan bayi untuk menyentuh dan menggenggam semakin baik.

·         Kemampuan koordinasi mata dan tangan bayi mulai berkembang. Bayi mampu melihat suatu benda, membuka tangannya, mengambil benda tersebut, dan memasukkan ke dalam mulutnya.

·         Kemampuan bayi untuk mendengar semakin meningkat. Ia akan mendengarkan berbagai macam suara, termasuk suara orang bercakap-cakap dan suara musik di sekitarnya.

·         Bayi mulai bisa berkomunikasi, walaupun belum bisa berbicara. Bila mendengar suara Bunda, si kecil akan bersuara atau tersenyum untuk merespons Bunda.

·         Bayi suka memandang pantulan dirinya sendiri di cermin.

·         Bayi suka melihat benda-benda berwarna cerah dengan kontras yang tinggi.


Contoh Mainan untuk Stimulasi Bayi 3 Bulan

Berikut ini ada berbagai macam mainan yang bisa berfungsi sebagai stimulasi bayi 3 bulan yang bisa Ibu berikan kepada buah hati :


Buku Bergambar

Di usia ini bayi memang belum bisa membaca, Bu, tapi ia akan suka melihat gambar dengan aneka warna yang cerah dan mendengarkan suara Ibu saat menceritakan isi dari buku tersebut. Buku dapat melatih banyak kemampuan pada bayi, mulai dari kemampuan bahasa, sosial, bicara, hingga kognitif. Jadi, rajinlah membacakan bayi Ibu buku cerita, ya. Supaya lebih awet dan aman untuk bayi, pilihlah buku yang terbuat dari kain (softbook) atau memiliki halaman yang tebal (board book).


Mainan Kerincing

Mainan bayi 3 bulan lainnya adalah kerincingan. Pilihlah kerincingan yang terbuat dari bahan yang empuk dan ringan sehingga tidak membahayakan bayi. Mainan semacam ini dapat membantu melatih kemampuan bayi dalam menggenggam benda.

Menariknya lagi, meski sederhana tapi mainan kerincing juga dapat mengajarkan konsep sebab-akibat pada bayi, Bu. Saat ia menggerakkan tangannya, maka kerincingan tersebut akan berbunyi. Bayi pun pasti akan sangat senang mendengarnya.


Mainan Karet

Mirip dengan kerincingan, mainan lainnya yang dapat mengajarkan konsep sebab-akibat adalah mainan karet yang dapat berbunyi saat ditekan. Mainan bayi ini juga dapat melatih kemampuan menggenggam bayi dengan keras agar mainan karet dapat mengeluarkan bunyi.


Baby Playmat dan Playgym

Di usia 3 bulan bayi sudah mulai tertarik dengan benda-benda yang ada di depan matanya. Ia akan berusaha untuk meraih dan memegangnya. Untuk itu Ibu bisa memberikan baby playmat dan playgym.

Playmat adalah sebuah alas empuk untuk arena bermain bayi yang dirancang dengan aneka warna cerah dan gambar-gambar lucu yang dapat menstimulasi penglihatan bayi. Teksturnya juga empuk sehingga akan merangsang indera perabanya. Tak hanya itu, alas bermain ini juga dapat digunakan untuk melatih kekuatan tangan dan kaki bayi saat ia bereksplorasi di atasnya.

Sedangkan playgym adalah permainan dengan aneka mainan yang digantung pada tongkat. Untuk playgym biasanya terdiri dari aneka mainan yang bisa berbunyi dan menyala. Dengan begitu, mainan tersebut dapat melatih indera peraba dan otot tangan bayi.